Jumat, 20 Mei 2011

materi teknik digital elektronika industri

Artikel ini adalah tentang counter istilah yang digunakan dalam elektronika dan komputasi. Untuk kegunaan lain, lihat Counter (disambiguasi) . Dalam logika digital dan komputasi , counter adalah perangkat yang menyimpan (dan kadang-kadang menampilkan) jumlah waktu tertentu peristiwa atau proses telah terjadi, seringkali dalam hubungan ke sinyal clock .


counter Elektronik

Dalam elektronik , counter dapat diimplementasikan dengan mudah menggunakan tipe sirkuit mendaftar seperti flip-flop , dan berbagai macam klasifikasi ada:
  • Asynchronous (riak) kontra - negara mengubah bit digunakan sebagai jam untuk selanjutnya negara flip-flop
  • Sinkron counter - semua negara bit perubahan di bawah kendali sebuah jam tunggal
  • Dekade counter - menghitung melalui sepuluh negara per tahap
  • Atas / bawah counter - jumlah baik atas dan ke bawah, di bawah komando masukan kontrol
  • Ring counter - dibentuk oleh shift register dengan koneksi umpan balik dalam cincin
  • Johnson counter - cincin twisted counter
  • Cascaded counter
Setiap berguna untuk aplikasi yang berbeda. Biasanya, rangkaian counter digital di alam, dan jumlah dalam biner alam . Banyak jenis rangkaian counter yang tersedia sebagai blok bangunan digital, misalnya jumlah chip dalam seri 4000 menerapkan counter yang berbeda.
Kadang-kadang ada keuntungan untuk menggunakan urutan menghitung selain alam biner-urutan seperti kode desimal biner counter, register geser umpan balik linear counter, atau kode Gray- counter.
Counter berguna untuk jam digital dan timer, dan di timer oven, VCR jam, dll [1]

Asynchronous (riak) counter

Asynchronous counter diciptakan dari dua flip-flop JK
Sebuah counter (riak) asynchronous adalah satu K-jenis flip-flop , dengan masukan) nya J (data diberi makan dari terbalik outputnya sendiri. Sirkuit ini dapat menyimpan satu bit, dan maka dapat menghitung dari nol sampai satu sebelum mencapai overflow (dimulai lebih dari 0). Counter ini akan selisih satu kali untuk setiap siklus clock dan membutuhkan dua siklus clock untuk overflow, sehingga setiap siklus akan bergantian antara transisi dari 0 ke 1 dan transisi 1-0. Perhatikan bahwa ini menciptakan sebuah jam baru dengan 50% siklus kerja tepat setengah frekuensi clock input. Jika output ini kemudian digunakan sebagai sinyal clock untuk juga diatur D flip-flop (mengingat untuk membalikkan output ke input), Anda akan mendapatkan 1 bit counter lain yang penting setengah cepat. Menempatkan mereka bersama-sama menghasilkan dua-bit counter:
Siklus Q1 Q0 (Q1: Q0) Desember
0 0 0 0
1 0 1 1
2 1 0 2
3 1 1 3
4 0 0 0
Anda dapat terus menambahkan tambahan flip-flop, selalu membalik output ke input sendiri, dan menggunakan output dari flip flop sebelumnya-sebagai sinyal clock. Hasilnya disebut counter riak, yang dapat menghitung sampai 2 n -1 dimana n adalah jumlah bit (-flop flip tahapan) di counter. Ripple counter menderita output tidak stabil sebagai overflows "ripple" dari panggung ke panggung, tetapi mereka sering menemukan aplikasi sebagai pembagi untuk sinyal clock, di mana jumlah seketika tidak penting, tapi divisi rasio keseluruhan (untuk memperjelas ini, 1 - counter bit adalah persis sama dengan membagi dua rangkaian, frekuensi output adalah persis setengah dari masukan ketika diberi makan dengan kereta reguler pulsa clock).
Penggunaan flip-flop output sebagai jam mengarah ke condong waktu antara bit data yang menghitung, membuat riak teknik ini tidak sesuai dengan normal sirkuit sinkron gaya desain.

Synchronous counter

Sebuah counter sinkron 4-bit menggunakan JK flip-flop
Sebuah cara sederhana untuk menerapkan logika untuk setiap bit dari counter menaik (yang adalah apa yang digambarkan dalam gambar ke kanan) adalah untuk setiap bit untuk beralih ketika semua bit kurang signifikan berada pada keadaan logika tinggi. Sebagai contoh, bit 1 matikan ketika bit 0 adalah logika tinggi; bit 2 matikan ketika kedua bit 1 dan bit 0 adalah logika tinggi; bit 3 matikan saat bit 2, bit 1 dan bit 0 semua tinggi, dan sebagainya.
counter Synchronous juga dapat diimplementasikan dengan hardware mesin negara yang terbatas , yang lebih kompleks tapi memungkinkan untuk halus, lebih stabil transisi.
counter Hardware berbasis jenis ini.

Dekade counter

Satu dekade counter adalah salah satu yang penting dalam angka desimal, bukan biner. Sebuah counter dekade mungkin memiliki setiap digit biner dikodekan (yaitu, ia bisa menghitung di -kode desimal biner , sebagai 7.490 sirkuit terpadu lakukan) atau pengkodean biner lainnya (seperti yg terdiri dr lima bagian encoding-bi dari 7490 integrated circuit). Atau, mungkin memiliki "sepenuhnya decode" atau satu-panas kode output di mana output masing-masing pergi tinggi pada gilirannya (yang 4017 adalah seperti sebuah rangkaian). Jenis terakhir dari sirkuit menemukan aplikasi dalam multiplexer dan demultiplexers, atau di mana pun jenis pemindaian perilaku berguna. counter serupa dengan jumlah yang berbeda output juga umum.
dekade Penghitung juga dikenal sebagai counter-mod ketika menghitung sampai sepuluh (0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9). Sebuah Mod Counter yang penting untuk 64 berhenti di 63 karena 0 dianggap sebagai digit yang valid.

Up / down counter

Sebuah meja yang dapat mengubah keadaan di kedua arah, di bawah kendali masukan Facebook / pemilih bawah, dikenal sebagai atas / bawah counter. Ketika pemilih berada dalam keadaan up, penambahan counter nilainya. Ketika pemilih berada dalam keadaan turun, decrements counter menghitung.

Ring counter

cincin A counter adalah register geser (sambungan riam flip-flop ) dengan output dari yang terakhir terhubung ke input yang pertama, yaitu di dalam cincin. Biasanya, pola yang terdiri dari satu bit beredar sehingga negara mengulangi siklus n setiap jam jika n flip-flop yang used.It dapat digunakan sebagai siklus counter negara n.

Johnson counter

Sebuah counter Johnson (atau cincin switchtail counter, twisted-ring counter,-ring counter berjalan, atau counter Moebius) adalah sebuah cincin dimodifikasi counter, di mana output dari tahap terakhir adalah terbalik dan makan kembali sebagai masukan untuk tahap pertama. [2 ] [3] [4] Siklus mendaftar melalui urutan bit-pola, yang panjangnya sama dengan dua kali panjang register geser, terus tanpa batas waktu. Loket ini menemukan aplikasi khusus, termasuk yang mirip dengan dekade counter, konversi digital-ke-analog, dll Mereka dapat diimplementasikan dengan mudah menggunakan D-atau JK-jenis flip-flop.

  Ilmu Komputer counter

Dalam teori komputabilitas , counter adalah dianggap sebagai jenis memori. Sebuah counter menyimpan satu bilangan asli (awalnya nol ) dan dapat sewenang-wenang banyak digit panjang. counter A biasanya dipertimbangkan dalam hubungannya dengan -mesin negara yang terbatas (FSM), yang dapat melakukan operasi berikut di counter:
  • Periksa apakah counter adalah nol
  • Kenaikan counter oleh satu
  • Penurunan counter oleh satu (jika sudah nol, ini daun itu tidak berubah).
Mesin-mesin berikut ini tercantum dalam urutan kekuasaan, dengan masing-masing yang ketat lebih kuat dari yang di bawah ini:
  1. FSM deterministik atau non-deterministik ditambah dua counter
  2. Non-deterministik FSM ditambah satu tumpukan
  3. Non-deterministik FSM ditambah satu counter
  4. Deterministik FSM ditambah satu counter
  5. FSM deterministik atau non-deterministik
Untuk yang pertama dan terakhir, tidak masalah apakah FSM adalah mesin terbatas-negara deterministik atau mesin terbatas-negara nondeterministic . Mereka memiliki kekuatan setara. Dua pertama dan yang terakhir adalah tingkat dari hirarki Chomsky .
Mesin pertama, FSM ditambah dua counter, adalah setara dalam daya ke mesin Turing . Lihat artikel mesin counter untuk bukti.

[ sunting ] Teknik counter

Mekanik roda counter menunjukkan kedua belah pihak. Benjolan di roda ditunjukkan di atas menugaskan ratchet pada roda di bawah setiap belokan.
Beberapa penghitung mekanis
Jauh sebelum elektronik menjadi umum, alat-alat mekanis digunakan untuk menghitung kondisi. Ini biasanya terdiri dari serangkaian disk terpasang pada sebuah gandar, dengan angka 0 sampai 9 ditandai pada edge. Disk paling kanan bergerak satu selisih dengan setiap peristiwa. Setiap disk kecuali paling kiri memiliki tonjolan yang, setelah menyelesaikan satu revolusi, menggerakkan disk berikutnya dengan kenaikan yang kiri. counter seperti itu awalnya digunakan untuk mengendalikan proses manufaktur, tetapi kemudian digunakan sebagai odometers untuk sepeda dan mobil dan di dispenser bahan bakar . Salah satu produsen terbesar adalah perusahaan-Root Veeder, dan nama mereka sering digunakan untuk jenis counter. [5]

Referensi

  1. ^ http://www.play-hookey.com/digital/synchronous_counter.html
  2. ^ Arun Kumar Singh. digital Prinsip Yayasan Sirkuit Desain dan Aplikasi . New Age Penerbit. ISBN 8122417590 .
  3. ^ Paul Horowitz dan Winfield Hill (1989). The Art of Electronics . Cambridge University Press. ISBN 0521370957 .
  4. ^ Rudolf F. Graf (1999). Modern Kamus Elektronik . Newnes. ISBN 0750698667 .
  5. ^ http://www.veeder.com/page/vr_history

1 komentar:

  1. Mantaps gan, nice artikel.. ikut berkontrobusi gan, silakan, bagi yang ingin tambahan referensi mampir juga dimari
    lengkap dengan struktur algoritma, bahasa assembly dan mesin

    http://gatewawan.blogspot.com/2014/08/pemrograman-variasi-ring-counter-dengan-bahasa-assembly-mesin.html
    http://gatewawan.blogspot.com/2014/08/cara-mengeluarkan-data-bit-secara-urut-ring-counter-4-instruksi-geser.html
    http://gatewawan.blogspot.com/2014/08/membuat-program-led-berjalan-ring-countrer-dg-bhs-assembly-dan-mesin.html

    thanks.

    BalasHapus